Insecure yang GA ADA OBATnya!



Orang gampang banget suka ngomong, jangan insecure. We must figure it out. Ga semudah itu loh. kalo orang terdekat kamu semuanya ga supportif apa kamu tetep bisa untuk ga insecure? Apa kalo yang kamu jalani terlihat suram apa iya bisa deal with insecurity?


Jadi orang tuh realistis aja toh yak....

Kita ga bisa memotivasi semudah itu ketika kondisinya lagi benar" dibawah. Ini bukan soal uang, tapi soal mental health.


Saya pun termasuk orang yang suka banget insecure, salah satunya bukan karena menbandingkan diri sendiri sama orang lain, tapi karena kebanyakan overthinking.. jadi sampe bisa timbul rasa ini.
Pasti setiap orang punya case yang berbeda-beda ya, terutama apa hal yang menyebabkan insecure itu bisa muncul.


Bisa karena seperti saya yang overthinking, bisa karena membandingkan diri dengan orang lain, melihat orang lain lebih hebat, lebih enak hidupnya, lebih cantik, lebih ideal badannya atau menganggap segala sesuatu yang dikerjakan ga akan maksimal atau bisa juga karena rasa gugup/takut yang berlebihan.

Kalo saya sendiri masalahnya ada pada overthinking, terlalu banyak pikiran di kepala, rencana untuk diri sendiri, bahkan masih sempet mikirin orang lain. Mikirin perasaan orang, mikirin omongan orang yang tanpa sadar berpengaruh sama sikap saya dalam menjalani hidup terutama jadi ragu dalam mengambil keputusan.

Disini saya mau share sedikit gimana caranya bisa berkompromi dengan insecurity.

Menurut saya rasa insecure bukan cuma rasa ga percaya diri, tapi lebih ke merasa tidak berguna, merasa lebih buruk dibandingkan yang lain, merasa ga mampu bahkan merasa seperti tertuduh :) 

Nih ya, nulis begini aja ada loh perasaan itu muncul, heran ga sih hahaha.



Nah kadang saya mikir apa ini termasuk penyakit mental?  ku harap bukan ya. :))))

Gimana caranya supaya bisa kompromi?


Oke, langsung to the point aja.


1. Ambil waktu sendiri

Tanya sama diri sendiri, kenapa saya begini? kenapa saya HARUS seperti ini? Apa ini berguna buat saya? Apa ini menguntungkan buat saya?
Ga harus apa-apa cerita dan tanya pendapat orang, karena kalo tanya orang belum tentu kita siap sama jawaban mereka. :)



2. Filter orang-orang disekitarmu

Memantapkan hati untuk membuat batasan untuk orang-orang yang kita PILIH untuk bisa mempengaruhi hidup kita. Contohnya saya sendiri, saya memfilter orang-orang negatif dan positif di hidup saya. Ga semua orang se-positif itu bisa saya terima juga, karena suka lebay dan GA REALISTIS! Saya pilih orang yang kira-kira sesuai dengan diri saya, omongannya masuk akal sesuai kapasitas saya :) 
Kalo kita pilih orang yang sudah se-frekuensi dengan kita, kita tidak mudah minder dan sakit hati dengan omongannya, karena mereka MASUK AKAL soal kamu :)





3. Jangan sering dengar lagu sedih

Secara tidak langsung ketika kita dengar lagu sedih di kondisi yang lagi ga baik akan cepat masuk ke otak dan perasaan kita. Jadi itu terbawa bahkan meng-iya-kan apa yang ada di lirik lagu tersebut. Coba dengar lagu yang lebih bersemangat, yang naikin mood kita. Karena ga semua lagu mengandung lirik yang bermakna guys :) 



4. Kenali dirimu sendiri

Kenali, telaah lagi. Apa yang kamu suka, orang-orang kaya apa yang kamu suka? Apa hal yang bisa naikin percaya diri kamu? Makanan apa yang bisa bangkitin mood kamu? Lingkungan seperti apa yang bisa rehatin perasaan kamu? Jangan maksain yang kamu ga suka masuk di hidup kamu.






5. Jangan ragu ekspresikan

Yup, semua orang punya cara menarik untuk mengekpresikan perasaannya, apapun yang mengganjal dihatimu, ekspresikan. Bisa melalui tulisan, jalan-jalan, denger musik, cerita sama ORANG YANG DIPERCAYA. Jangan dipendem sampe bikin kamu jadi overthinking dan lama kelamaan jadi perasaaan ga baik yang tumbuh di diri kamu. Tapi inget tetep kontrol diri ya :)




6. Yakini ga ada yang sempurna di dunia ini, Stay cool!

Hal apapun yang orang lain pamerkan, cuma sekasat mata terlihat sempurna padahal tiap orang punya masalahnya masing-masing khususnya sama diri sendiri. Percaya dan yakini bahwa yang mereka tampilkan ga selalu oke kok, mungkin aja itu cara mereka menutupi kekurangan mereka :)



7. YOU ARE UNIQUEEEEEEE!

Yes! The power of your own words! ucapan diri sendiri yang ternyata punya kontribusi banyak. Kita unik, kita berbeda, kita berharga, kita spesial, kita emang ga perfect tapi GA ADA YANG KAYA SAYA (ucapin dalam hati)

Ini tips yang kebetulan saya terapin semoga bisa saling bantu temen-temen yang menghadapi hal yang sama. Bahwa segalanya yang ditampilkan di dunia ini, orang orang yang ciptakan di sekitar kita punya hak yang sama untuk menikmati hidup ini tanpa keraguan terutama kamu sendiri. :)

Hi, buat kalian yang mau sharing secara pribadi atau ada masukan, boleh banget kontek aku ya. 


Contact:

Instagram : @jurnaltentangaku / @valieeeee
Twitter : @jurnaltentanga1

Silahkan DM aja ya! Thank you buat semua yang udah luangin waktunya. Semoga bermanfaat :)




Komentar

Postingan Populer